Rabu, 28 September 2011

Tips Menghindari Tindak Kejahatan

KEJAHATAN bisa terjadi dimana saja dan menimpa siapa pun. Berikut ini beberapa cara memperkecil ruang gerak pencopet, perampok, atau penjahat lainnya. 

1. Jangan membawa dompet pada saku belakang celana secara mencolok atau menonjol ke luar. Apalagi jika sebagian isinya keluar.

2. Hindari menghitung uang secara mencolok, terutama dalam jumlah besar. Membawa tas dengan menjinjing dapat memudahkan para penjambret untuk merampasnya.


3. Bagi wanita, perlu waspada bila lift. Jika ada lak-laki disana, berdirilah di dekat papan tombol untuk memudahkan menekan tanda bahaya jika sewaktu-waktu diperlukan.


4. Waspadalah jika melihat orang menunggu disekitar mobil Anda.


5. Jika berkendaraan, usahakan jangan melewati daerah rawan. Jika terpaksa kunci semua pintu dan tas serta tempatkan barang-barang pada bagasi.


6. Kalau mobil Anda mogok ditengah jalan, dorong ke tepi, nyalakan lampu bahaya, tutup kaca dan kunci pintu-pintunya dan tunggulah pertolongan. Jika seorang pengendara mendekati Anda, janganlah keluar dari mobil dan jangan menerima tawarannya untuk menumpang. Bunyikanlah klakson jika ada orang yang memaksa masuk kendaraan Anda.


7. Jika ditodong agar menyerahkan uang dan Anda tidak mungkin untuk membela diri, turuti saja kemauannya asalkan Anda tidak dilukai.


8. Mungkin baik bila Anda membawa peluit yang dapat digunakan pada saat Anda diserang secara mendadak. Menjerit sekeras-kerasnya dan terus-menerus dilakukan sambil melarikan diri adalah paling baik.


9. Latihlah pembantu rumah tangga Anda untuk tidak percaya kepada siapa pun yang datang ke rumah Anda, tanpa sepengetahuan dan tanpa keberadaan Anda di rumah.


10. Hindari ajakan jabat tangan orang tak dikenal yang mencurigakan atau sok akrab. Kalau tak mungkin, jangan bicara panjang lebar. 


Source: Majalah Intisari, no.404 Maret 1997

0 comments:

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...