Kamis, 20 Oktober 2011

Tips Sehat Di Depan Komputer

TAK bisa dipungkiri, personal computer (PC) memang sangat membantu pekerjaan kita. Tapi, di balik itu PC, dan juga video game (VG) diam-diam juga mengancam kesehatan kita.


Di AS pernah dilaporkan, 115.400 orang menderita sakit akibat bekerja di depan komputer. Sementara di Melbourne, Australia, juga pernah diberitakan, anak-anak sekolah usia 8 - 15 tahun di suatu wilayah menderita sakit punggung dan bahu. Bila dibiarkan, kabarnya dapat menyebabkan torticollis akut, leher tak bisa tegak, seperti terkunci sehingga susah digerakkan. Karena mereka sering asyik di depan VG atau PC berjam-jam.


Gangguan lain yang sering diderita pengguna PC dan VG antara lain pada mata, banyak keluar air dan penglihatan kabur; tekanan darah naik; terjadi gangguan urat saraf secara tiba-tiba; gelisah; cedera pada bagian tangan dan pergelangan; otot punggung, leher dan bahu sering kejang dan sakit; bahkan kemungkinan juga terserang ayan atau epilepsi, dsb.


Untuk mengurangi risiko sakit punggung kronis, setiap kali menghadap ke layar VG atau PC usahakan duduk dengan sikap badan yang benar. Gunakan kursi ergonomis yang mudah di setel posisinya, supaya posisi tulang belakang pas dan bisa bersandar enak pada posisi yang wajar.


Tinggi kursi diatur hingga posisi paha horizontal, dan telapak kaki rata dengan lantai agar kaki bisa istirahat. Bila memakai kursi putar, gunakan yang stabil, sehingga tidak mudah berubah posisi.


Keyboard diletakkan pada ketinggian yang pas hingga posisi lengan membentuk sudut 90 derajat pada siku. Ini membuat posisi tangan lebih enak. Tinggi meja juga perlu diatur untuk membantu agar posisi pergelangan tangan pas dan enak saat mengetik.


Supaya mata tidak cepat lelah, dianjurkan tidak terus-menerus melotot di depan layar komputer. Mata pun perlu istirahat, kira-kira 15 menit per jam bekerja. Atau, lakukanlah pekerjaan lain sebagai selingan.


Menurut hasil penelitian di Jepang, saat menatap layar PC, mata hanya berkedip 7 kali per menit. Akibatnya, selaput air mata cepat mengering. Nah, itu bikin mata cepat lelah dan tegang. Mata rileks (tidak menatap layar PC) biasanya berkedip 22 kali per menit. Lebih banyak berkedip, lebih banyak air mata, dan mata menjadi tidak tegang.


Layar PC hendaknya diletakkan sedikit lebih rendah dari posisi mata dan agak dimiringkan ke atas. Sehingga mata tak perlu terbuka lebar saat menatap layar PC, selaput air mata tidak cepat kering, dan mata tak cepat lelah. Posisi layar demikian itu juga akan mengurangi kejang punggung dan leher.


Source: Majalah Intisari, no.363 - Oktober 1993

5 comments:

ASAZ mengatakan...

seharusnya didepan komputer dijadwal juga supaya tidak terlalu lama diselingi istirahat

jimmy63 mengatakan...

makasih nih informasinya berguna banget untuk orang2 yang sering berkerja di di dpn komputer

salam kenal
Jimmy Hartono
http://telepongenggam-jimmy63.blogspot.com/

momod mengatakan...

ini yang saya butuhkan .. terima kasih tipsnya ..

oh ya, ngomong2 boleh minta script buat artikel terkaitnya ga? saya pengen pasang tapi ga tau scriptnya .. makasih .

Blogvision Pos mengatakan...

Mas Momod, Script Artikel Terkait itu sebenarnya adalah LinkWithin. Langsung saja ke alamat URL berikut: Http://www.linkwithin.com kemudian masukan data2 seperti alamat alamat email, url blog kita, platform:blogger, dan jumlah thumbnailnya silahkan pilih sendiri mau 4 atau 5 stories sesuai dg lebar postingan blog mas momod.
saya udah pernah pake script yg biasa dan itu benar2 akurat (100% artikel terkait) namun tdk ada thumbnailnya, jd tdk sy pake lagi. Sy tetap pake yg dari linkwithin

Salam

Anonim mengatakan...

brp jarak yang ideal antara mata dan layar PC sehingga mata tak cpt lelah

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...