Senin, 24 Oktober 2011

Kiat Mengatasi Kegagalan

SEMUA orang pernah gagal. Pengalaman membuktikan sukses diraih bukan tanpa usaha keras dan pengorbanan, bahkan setelah melalui kegagalan yang beruntun. Kegagalan, apalagi yang datangnya seketika, mampu mengguncangkan jiwa. Karenanya, dalam menerima kegagalan pun dibutuhkan kesiapan diri. Caranya?


1. Kenalilah diri sendiri 


Orang yang mengenal diri sendiri tidak akan mencari kambing hitam atas kegagalannya. Ia bahkan melihat kekurangan dan kesalahan yang dilakukannya. Ia juga menyadari, sesuatu terjadi pasti ada sebabnya. Karena itu, ia akan mencari sebab-sebab terdalam dari dirinya sendiri, selanjutnya mengatasi sebab-sebab itu.


2. Berusaha didasari "pasrah"


Kemampuan manusia memang terbatas. Mau tidak mau kita harus mengakui bahwa diluar kekuasaan manusia, ada kekuasaan lain yang Maha Hebat, yakni kekuasaan lain yang maha hebat, yakni kekuasaan Tuhan. Oleh karena itu, kalau mengharapkan sesuatu, serahkan dahulu berhasil atau tidaknya pada Tuhan. Baru setelah itu berusaha bersungguh-sungguh untuk mencapainya.


3. Memandang kejadian sebagai peristiwa positif


Orang bijak sering mengatakan bahwa kegagalan bukan berarti hancurnya seluruh kehidupan, tapi merupakan penundaan sementara sebuah cita-cita. Jadikanlah kegagalan sebagai pendidikan terhadap diri kita sendiri, sehingga kegagalan itu diyakini mengandung kebaikan.


Source: Majalah Intisari, no.375 - Oktober 1994

0 comments:

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...