Rabu, 12 Oktober 2011

Awas, Bahaya Ecstasy !

ECSTASY, yang nama kimianya 3,4 metilendioksimetamfetamin (MDMA), memiliki beberapa nama sandi X, XTC, M, AKA, Ice, dll. Pil ectasy sanggup membuat pemakainya mampu melantai semalam suntuk di diskotek. Namun, dibalik itu terdapat efek sampingan yang serius dan membahayakan jiwa pemakainya.


Efek sampingan minor


Relatif sering dan umumnya singkat: midriasis, fotofobia, kepala pusing, nafsu makan menurun, mual, kram perut, diare, berkeringat, napas cepat, palpitasi dan tremor, gigi berdetak (brusisme), otot kaki kaku (trsimus), susah tidur (insomnia).


Efek serius


Efek ini berupa dehidrasi, kolaps, hiperpireksia, kejang (konvulsi), kerusakan otot (rhabdomiolisis), gangguan pembekuan darah, gangguan kardiovaskuler, gagal ginjal akut, asidosis metabolik, hipertensi, kardiakaritmia, nyeri dada, halusinasi yang kurang enak, agitasi, panik, paranoia, kecelakaan, sampai kematian.


Reaksi Tertunda


Terjadi setelah pemakaian: kelelahan dan kaku otot (beberapa hari setelah pemakaian dosis tunggal), hepatoksik berat, berat badan turun (akibat nafsu makan turun dan hiperaktivitas), depresi, psikosis, kerusakan otak (neurotoksik).


Efek sampingan lain oleh kandungan kontaminan dari ecstasy buatan industri gelap yang 3,4 metilendioksiamfetaminnya tidak murni dan membahayakan tubuh karena bersifat karsinogenik. Hal itu misalnya bisa merusak organ hati, ginjal, jantung, paru-paru, otak, kromosom, atau janin.


Beberapa kasus kematian yang terjadi terutama akibat kelebihan dosis. Paling sedikit 7 orang pada tahun 1992 dilaporkan meninggal dan banyak kasus timbul akibat efek sampingan yang berat setelah menggunakan ectasy.


Source: Majalah Intisari, no.396 - Juli 1996

0 comments:

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...