Kamis, 16 Februari 2012

Beberapa Cara Meningkatkan Daya Ingat

DAYA INGAT terdiri atas tiga proses, yaitu proses penerimaan, penyimpanan, dan pembongkaran informasi. Masing-masing proses dipengaruhi banyak hal. 


Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat:


1. Pusatkan perhatian pada setiap hal yang Anda lihat. Pekerjaan ini akan lebih mudah apabila Anda cukup tidur, menghindari obat-obatan yang tidak perlu, dan menangani stress secara efektif. Perhaian lebih terpusat jika tubuh Anda santai.


2. Bila bertemu seseorang atau mempelajari sesuatu, sering-seringlah mengulangnya. Ucapkan semuanya yang ingin Anda ingat dengan suara keras. Soalnya, sensor perekam suara dapat membantu menyimpan informasi dalam memori jangka panjang Anda.


3. Pilah-pilahlah topik yang ingin dipelajari. Bukti-bukti menunjukkan, mempelajari satu topik kecil dalam waktu singkat lebih efektif dibandingkan dengan belajar banyak hal dalam jangka waktu lama.


4. Analisis makna material. Daripada mempelajari sesuatu dengan menghafal, lebih baik kerahkan upaya untuk memahami apa yang ingin Anda simpan di dalam ingatan. Sangat membantu bila mengaitkan topik dengan diri sendiri. Misalnya, jika mempelajari tentang suatu jenis penyakit, bayangkan diri sendiri terkena penyakit itu sampai ke detil-detilnya, bagaimana pengaruhnya terhadap peredaran darah, jantung, paru-paru, ginjal, dsb.


5. Gunakan akronim atau "jembatan keledai". Bila harus menghafal beberapa faktor yang mempengaruhi sesuatu misalnya, lebih mudah mengingatnya apabila menyingkatnya seperti slogan pemerintah daerah semisal berseri (bersih, segar, asri).


6. Gunakan imajinasi visual dengan metode link. Misalnya, agar tidak lupa membeli roti dan susu sepulang dari kantor. Anda bayangkan saja sepotong roti dan sekaleng susu meloncat keluar dari toko sewaktu berangkat kerja.


Source: Majalah Intisari, no.381 - April 1995

5 comments:

wauone mengatakan...

Post yang bagus ....

JIMMY mengatakan...

hmm cocok nih buat yang udah berumur dan yang masih muda..
klo saya sih tips suksesnya selalu bikin note hehe

salam blogwalking Orang Paling Misterius di Dunia

Penyakit TBC mengatakan...

Sangat bermanfaat sekali ilmunya makasih mu berbagi pengalamannya...

Misbah Hiday mengatakan...

mksih bnyak ats inf0 nya

article-compilation.blogspot.com

fauzi mengatakan...

saya masih sulit untuk mengingat nama orang yang baru saya kenal, jd ngga enak kalau nanya namanya lg hehehe. terima kasih admin utk artikelnya

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...