Rabu, 01 Februari 2012

ANEMIA, Penyebab dan Penanggulangannya

TANPA disadari, banyak diantara kita, entah anak-anak, dewasa, maupun lansia (lanjut usia) terserang anemia. Mungkin penyakit ini dianggap penyakit sepele, padahal jika dibiarkan dalam jangka waktu lama dampaknya akan buruk sekali. Anemia merupakan keadaan dimana kadar hemoglobin dalam darah amat rendah, yakni kurang dari 12 g/dl.


Penyebabnya antara lain:


1. Kekurangan zat besi, dengan tanda-tanda kelelahan, pada waktu bekerja sering sesak napas, sakit kepala, gelisah, kurang konsentrasi, berdebar-debar, bengkak pada siku-siku. Jika pada suatu saat kadar hemoglobin turun drastis, dapat terjadi kerapuhan kuku dan luka-luka pada sudut mulut.


Cara penanggulangannya: dapat diberikan tambahan zat besi yang banyak tersedia di pasaran dalam bentuk tablet minum. Beberapa di kombinasi dengan  vitamin C agar mempermudah penyerapannya. Yang tidak kalah penting adalah peningkatan diet dengan makanan yang mengandung zat besi, seperti daging, hati, telur, bayam, dll.


2. Kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Paling sering diderita para lansia, disebabkan gangguan penyerapan vitamin B12 atau kekurangan asam folat. Gejala timbul perlahan-lahan dan baru terlihat jika anemia menjadi berat misalnya warna kulit seperti jeruk, lidah nyeri, kekakuan pada tangan dan kaki. Penanggulangan kekurangan vitamin B12 dapat diatur dengan suntikan setiap hari, kemudian seminggu sekali, bulanan, akhirnya tiga bulan. Asam folat dapat diberikan dalam bentuk tablet, juga dari bahan alamiah seperti hati serta sayuran hijau.


Source: Majalah Intisari, no.397 - Agustus 1996

1 comments:

tiyangatmojo mengatakan...

Terima kasih ,informasinya sangat berguna,semoga bermanfaat juga buat para pembaca yang lain. salam

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...