Minggu, 11 Maret 2012

Merawat Koleksi Buku

PENGGEMAR membaca dan mengoleksi buku sering dipusingkan oleh buku-buku yang cepat menjadi kumal, robek, atau tidak utuh. Nah, agar buku-buku Anda tetap bagus, utuh dan enak dibaca, berikut ada beberapa tips yang bisa di coba:


1. Sampuli koleksi buku Anda dengan plastik sampul yang dijual meteran agar sampul terhindari dari goresan dan tidak mengelupas. Jika sampul buku memiliki jaket sampul, sebelum disampuli plastik, rekatkan dahulu jaketnya dengan isolasi (selotip).


2. Bila buku Anda dijilid lem, sebelum membacanya, lipat dulu sampul depan dan belakang sejajar punggung buku pada jarak sekitar 1 cm. Dengan demikian lipatan bagian dalam buku nantinya akan mengikuti lipatan tersebut, sehingga lembaran buku tidak terlepas.


3. Jangan melipat halaman buku karena membuat halaman buku mudah robek dan tidak enak dilihat. Gunakan pembatas buku atau pita yang direkatkan pada halaman terakhir buku untuk menandai halaman yang akan dibaca di waktu yang akan datang.


4. Saat membaca, usahakan untuk tidak melipat bagian yang tidak dibaca agar jilidan buku tetap terjaga dan tidak cepat kumal.


5. Jika Anda suka membaca di tempat tidur, ketika Anda sudah mengantuk pastikan buku telah diletakkan di tempat "aman" dalam keadaan rapi agar terhindar dari tindihan tubuh ketika tidur.


6. Pastikan buku tidak ketumpahan makanan atau minuman bila Anda membaca sambil makan atau minum.


7. Susun buku pada tempat yang tetap untuk memudahkan pencarian. Pilih tempat kering untuk menyimpan buku. Jangan lupa, beri kamfer atau silica gel pada rak buku untuk mencegah buku berjamur atau diserang ngengat.


8. Jika Anda senang mengkliping, sebaiknya yang dikliping hasil fotokopinya. Jika tidak memungkinkan, tempelkan fotokopiannya pada majalah sebagai pengganti bagian yang dikliping.


Source: Majalah Intisari, no.452 - Maret 2001

3 comments:

cheap store mengatakan...

sangat bermanfaat terimakasih

Muhammad nadhir mengatakan...

bermamfaat,

buku-lawas mengatakan...

terimakasih. menambah wawasan seputar buku kuno

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...