Jumat, 23 Maret 2012

Agar Selamat Dari Musibah Kapal Laut

Penumpang kapal motor sering kurang mengetahui tata cara penyelamatan bila terjadi musibah. Padahal pengetahuan dan keterampilan itu penting. Berikut sekilas tata cara penyelamatan di kapal motor penumpang (KMP) yang bisa amat vital di saat kritis.


MUNGKIN masih belum lepas dari ingatan kita, betapa ngerinya petaka yang menimpa penumpang KMP (Kapal Motor Penumpang) Tampomas II. Puluhan orang terpanggang di atas geladak kapal sebelum menyelamatkan diri, meskipun akhirnya banyak juga yang harus kehilangan nyawa. Itu baru sebuah contoh kasus. Masih banyak lagi kecelakaan kapal laut yang berbuntut jatuhnya banyak korban jiwa.


Maka pengetahuan dan ketrampilan penyelamatan menjadi penting bagi penumpang KMP. Dengan bekal itu anak buah kapal (ABK) terlatih, pemadam kebakaran, pelampung, sekoci bermotor, dan peralatan penyelamatan lainnya, yang selalu ada di dalam kapal motor penumpang, bisa difungsikan secara optimal. Bila terjadi kecelakaan, korban yang jatuh pun bisa ditekan serendah mungkin.


Jangan salah sekoci


Beberapa jenis kecelakaan yang biasa menimpa sebuah kapal motor penumpang di antaranya kebakaran, kebocoran, karam, diterpa badai atau gelombang ganas. Apabila kecelakaan itu tidak dapat ditanggulangi dan berpeluang besar menjadi musibah, nakhoda akan memerintahkan ABK dan penumpang segera meninggalkan kapal. Perintah itu dalam bentuk sandi bunyi seperti peluit sebanyak tujuh kali pendek-pendek dan disusul sekali panjang.


Bila peringatan itu terdengar, manula, ibu hamil, orang sakit, dan anak-anak akan mendapatkan prioritas pertama untuk diselamatkan oleh ABK. Penumpang yang tidak termasuk dalam kelompok itu bisa melakukan tindakan penyelamatan sendiri.


Yang pertama kali dilakukan adalah mengenakan pelampung dan menuju sekoci. Pelampung ini selalu tersedia di lemari yang diberi keterangan sebagai tempat pelampung. Langkah-langkah mengenakannya adalah sebagai berikut:


1. Pegang pelampung dengan lampu pelampung menghadap keluar. Ketika kita terapung-apung di laut, lampu ini bisa dinyalakan dengan menarik tali plastik jingganya, lalu dicelupkan ke dalam air laut. Sedangkan peluitnya bisa dibunyikan siang atau malam hari, untuk mempermudah tim SAR atau tim penolong mengetahui keberadaan kita.


2. Baca nomor stasiun sekoci atau rakit otomatis, tempat kita harus berada, pada bagian atas pelampung.


3. Buka tali pengikat pelampung hingga tergantung bebas.


4. Kalungkan pelampung ke leher melalui kepala.


5. Tarik agak kencang kedua talinya lalu ikat dengan sempurna agar pelampung tidak terlepas ketika kita terjun ke laut.


6. Setelah siap, pergi ke stasiun sekoci seperti tertera pada pelampung.


Selain sekoci bermotor, pada kapal motor penumpang selalu tersedia pula sekoci otomatis. Ketika belum digunakan, bentuknya seperti kapsul raksasa. Begitu jatuh di laut, bentuknya berubah menjadi seperti rumah terapung, lengkap dengan atapnya. Di sinilah penumpang kapal tinggal hingga datang pertolongan.


Selama terapung-apung di atas sekoci atau perahu penyelamat, penumpang tak perlu takut kelaparan. Di dalam laci-lacinya terdapat bahan makanan yang bisa dikonsumsi selama menunggu pertolongan. Jumlahnya tidak banyak, tapi cukup untuk menahan rasa lapar.


Penumpang juga tak perlu khawatir tidak ditemukan tim pencari dan penyelamat (SAR). Setiap kapal motor penumpang dilengkapi dengan alat yang secara otomatis akan memberitahukan posisi terakhir. Namanya emergency position indicating radio beacon (EPRB).


Ketika musibah terjadi, alat itu dilempar ABK ke laut dan talinya diikat di lambung kapal. Selain itu, seorang markonis (petugas radio komunikasi) akan berkomunikasi dengan kapal-kapal lain, stasiun pantai, tim SAR, dan lainnya.


Dengan dukungan EPRB dan markonis, pengetahuan dan keterampilan penyelamatan yang dimiliki penumpang, serta alat-alat penyelamat lainnya, penumpang dan ABK diharapkan bisa selamat saat terjadi musibah.


Source: Majalah Intisari, no.452 - Maret 2001

0 comments:

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...