Senin, 05 Maret 2012

Menghilangkan Cegukan

CEGUKAN atau keseduan sering kali membuat kita risih. Selain mengganggu dan menguras tenaga, juga membuat daerah antara dada dan perut pegal-pegal, terutama bila cegukan berlangsung agak lama. Memang, yang sering mengalami cegukan biasanya balita. Namun, orang dewasa pun biasa mengalaminya.


Ketika kecil, saya pun pernah mengalaminya. Bahkan sampai suatu saat saya merasa jenuh dengan cegukan. Waktu itu saya duduk di kelas IV SD. Saya mencoba mencari berbagai jalan keluar agar bebas dari cegukan. Dari cuma minum segelas air sampai menggosok badan dengan minyak gosok. Hasilnya, ternyata belum juga memuaskan.


Akhirnya, saya berhasil menemukan cara jitu untuk menghentikan cegukan:


1. Apabila sudah merasa akan cegukan (biasanya ditandai dengan cegukan satu kali), saat itu juga langsung menarik napas dalam, lalu tahan selama 30 - 60 detik. Apabila cegukan sudah berlangsung lebih dari lima kali, tarik napas dalam lalu tahan selama selang waktu antara cegukan pertama dengan cegukan berikutnya.


2. Setelah cukup menahan napas, napas dikeluarkan sedikit demi sedikit. Begitu seterusnya hingga sekitar tiga kali, yakni sampai napas normal kembali.


3. Selama melakukan langkah 1 dan 2, jangan menelan ludah. Dengan cara seperti ini, menurut pengalaman saya, hasilnya lebih efektif.


Sampai sekarang saya tidak pernah lagi mengeluh soal cegukan. Sementara cara ini cocok untuk saya, semoga cocok pula untuk Anda.


Sebagaimana yang dituturkan oleh Erike Ocky D.P. di Yogyakarta


Source: Majalah Intisari, no.463 - Februari 2002

0 comments:

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...