Minggu, 01 Januari 2012

Menjadi Dokter Bagi Diri Sendiri

KARENA kesibukan sehari-hari, kita sering lupa memperhatikan kesehatan tubuh. Ini bisa dimaklumi, karena untuk berkonsultasi dengan dokter memerlukan  biaya dan waktu khusus. Namun, bila dibiarkan, kebiasaan tersebut bisa mencelakakan. Untuk mencegah hal itu, ada cara mudah dan murah untuk mengontrol kesehatan beberapa organ tubuh yang dapat dilakukan siapa dan di mana pun.


Stress


Gejala stress umumnya di tandai dengan susah tidur, jantung berdebar, lesu dan merokok tanpa henti. Jika gejala itu muncul, bisa di coba pengendalian awal stress. Caranya, tarik napas dalam-dalam selama satu menit, lakukan sebanyak 3 - 5 kali.


Air seni


Sesekali amati air seni Anda. Air seni yang baik seharusnya kuning muda. Namun, beberapa vitamin, terutama vitamin B, bisa mengubah warna dan memunculkan bau tak sedap pada air seni. Pencegahannya, minum air putih lebih banyak daripada biasanya. Bila air seni tampak keruh atau bercampur darah, segera periksa ke dokter.


Gusi


Gusi yang terasa lunak, merah, dan mudah berdarah, mungkin terkena penyakit gusi yang dapat mengakibatkan pembusukan gigi. Tindakan pencegahan yang harus dilakukan dengan membersihkan gigi menggunakan sikat gigi yang lembut dua kali sehari. Sebisa mungkin, hindari makanan manis. Kalau terpaksa mengunyahnya, segera bersihkan gigi sesudahnya. Tetap kunjungi dokter gigi secara rutin.


Organ pencernaan


Untuk mengetahui kesehatan pencernaan, cobalah taburkan biji bunga matahari pada makanan Anda. Karena biji matahari tidak ikut hancur bersama makanan, Anda bisa dengan mudah melihatnya keluar bersama kotoran. Jika biji-biji tadi baru keluar setelah lebih dari dua hari, berarti pencernaan Anda bisa dengan mudah melihatnya keluar bersama kotoran. Jika biji-biji tadi baru keluar setelah lebih dari dua hari, berarti pencernaan Anda kurang sehat. Untuk memperbaikinya dengan lebih sering berlatih olahraga dan mengkonsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayuran.


Mata


Kesehatan mata dapat diperiksa dengan mudah. Letakkan halaman depan koran kurang lebih 8 m dari mata. Pada jarak itu, Anda harus bisa membaca judul utamanya. Selanjutnya, di atas kertas satu karton buat lubang sebesar lingkaran uang logam Rp.500,-. Tempelkan lubang itu ke salah satu mata, sementara biarkan mata lainnya tertutup. Baca kembali judul utama koran tadi. Bila ternyata Anda tak bisa membaca atau melihat dengan lebih jelas, besar kemungkinan mata Anda mengalami gangguan. Kalau sudah demikian, segera periksa ke dokter spesialis mata. Sedangkan cara mencegahnya, dengan tidak membaca dan mengerjakan sesuatu di tempat kurang cahaya yang akan menyebabkan kelelahan pada otot-otot di sekitar mata.


Paru-paru


Paru-paru berhubungan erat dengan pernapasan. Untuk menguji fungsi kerja organ tersebut, tarik napas dalam-dalam, lalu secepat mungkin keluarkan melalui mulut. Bila mengalami batuk, berarti paru-paru membutuhkan latihan pernapasan agar bisa menghirup lebih banyak oksigen. Caranya, tarik napas dalam-dalam melalui lubang hidung sekaligus mengembangkan perut, lalu perlahan-lahan keluarkan kembali sambil mengempiskan perut. Lakukan itu beberapa kali selama 10 menit setiap hari. Jika tetap batuk, apalagi keluar lendir dan berdarah, segera hubungi dokter.


Pendengaran


Ada tiga pertanyaan untuk mengetahui kondisi pendengaran. Bisakah Anda mendengar langkah kaki? Bisakah Anda mendengar pembicaraan seseorang tanpa melihat wajahnya? Lalu apakah Anda mendengar dengan lebih baik di telephin dibandingkan dengan kalau berhadapan? Jika Anda menjawab "tidak" untuk dua pertanyaan pertama dan "ya" untuk yang terakhir, berarti fungsi pendengaran Anda kurang baik. Untuk menghindari ini, usahakan jangan terlalu lama mendengarkan suara keras, misalnya suara tape. Sedangkan untuk mencegah ketulian, berkonsultasilah ke dokter.


Source: Majalah Intisari, no.415 - Februari 1998

1 comments:

al kahfi mengatakan...

syukurlah semua kriteria itu tidak ada pada saya berarti saya aman dari stress

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...