Sabtu, 28 Januari 2012

Mengobati Hipertensi Dengan Usaha Sendiri

ANDA mempunyai penyakit tekanan darah tinggi, mudah marah, dan cepat tersinggung? Bila sedang emosi, otot-otot sekitar leher menjadi kaku, pikiran panas, dan tidak terkendali. Tentu hal semacam ini menyiksa diri. Di bawah ini ada cara menanggulanginya, yakni dengan meditasi yang harus dilakukan secara rutin. Dalam 3 - 4 bulan hasilnya bisa Anda rasakan.


1. Ambillah posisi duduk bersila yang santai, tegakkan tulang punggung, dan pandangan ke arah depan.


2. Ambil napas panjang melalui hidung, kemudian mata mulai ditutup perlahan-lahan sampai Anda merasa nyaman.


3. Angkat kedua tangan lurus ke depan setinggi bahu, lalu ambil napas panjang (8 hitungan) melalui hidung, dan simpanlah napas itu (8 hitungan) di dalam dada.


4. Setelah napas disimpan, hembuskan napas melalui mulut perlahan-lahan (8 hitungan). Pada saat yang bersamaan bukalah kedua tangan melebar ke kiri dan ke kanan sehingga membentuk sudut 180 derajat.


5. Setelah posisi tangan bersudut 180 derajat dan napas yang disimpan habis disimpan, hiruplah napas panjang lagi (8 hitungan), sejalan dengan itu gerakan tangan kembali ke posisi nomor 3.


6. Selanjutnya, ulangilah gerakan tersebut mulai dari ambil napas (tangan bergerak menutup), tahan napas, dan hembuskan napas (tangan bergerak melebar).


Sebaiknya meditasi ini dilakukan setiap hari selama kurang lebih 20 menit, bisa dipagi hari atau di waktu luang. Pilihlah tempat yang tenang dan bersih. Tapi, jangan khawatir, jika pada permulaan latihan tangan terasa pegal dan kaku. Itu tidak apa-apa. Selamat mencoba.


Source: Majalah Intisari, no.372 - Juli 1994

0 comments:

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...