Kamis, 12 Januari 2012

Merawat Kulit Bayi

LAHIRNYA seorang bayi bagi sebuah keluarga mendatangkan kebahagiaan. Selebihnya, adalah "kerepotan", terutama pada bulan-bulan pertama. Orang tua mesti dengan sabar dan hati-hati memelihara kesehatan sang bayi. Dosanya tak lain menjaga kebersihan kulit atau tubuh sang bayi. Demikian penuturan dr. Puspa Handayani, MS, ahli kesehatan kulit dan kecantikan.


Menurut dr. Puspa, dalam menjaga kebersihan kulit dan tubuh bayi itu peranan mandi menjadi sangat penting. Untuk melakukannya pun tidak bisa sembarangan. Dokter ahli gizi ini menganjurkan agar orang tua membiasakan diri untuk memandikan bayi dua kali sehari, yakni pagi hari sebelum makan dan sore hari ketika matahari masih bersinar. Tugas tersebut mesti dilakukan dengan tidak tergesa-gesa. Si bayi juga dalam keadaan tenang ketika dimandikan. "Kalau sedang menangis, bayi jangan dimandikan," ingatnya.


Perlengkapan mandi sebaiknya dipersiapkan dalam satu wadah khusus. Ruangan untuk memandikan sang bayi sebaiknya bersuhu hangat dan tidak banyak angin. Air yang digunakan juga mesti hangat, kira-kira bersuhu 32,2 - 37,7 derajat celcius. Saat memandikan sebaiknya perhiasan yang mengganggu dilepas dan kuku tidak panjang supaya si bayi tidak terluka.


Yang juga perlu diingat sebagai organ tubuh terluar kulit bayi memang sangat peka terhadap berbagai pengaruh lingkungannya. Di antaranya udara panas, bakteri, jamur, dan bahan kimia dari deterjan atau pemutih yang masih melekat pada pakaian atau popok. Pengaruh lingkungan itu sangat mudah mengganggu kesehatan kulit bayi. Beberapa penyakit kulit yang rutin menyerang bayi, dan anak-anak, bila orang tua kurang baik merawat baiknya antara lain ruam popok (bercak merah disekitar lipatan paha), crandle cap (kerak kepala), buang keringat, trush (bercak pada pantat atau anus), ekzema (ekzim), dan urtikaria (kaligata atau biduran).


Jika popoknya masih mengandung sisa deterjen atau pemutih, kulit yang bersentuhan akan memerah karena iritasi. Inilah yang sering disebut sebagai ruam popok. Di daerah itu si bayi akan merasakan nyeri. Bila tersentuh udara panas pada dahi, pipi, leher, bahu, dada, dan punggung umpamanya, kulit bisa menderita biang keringat. Serta merta kulit yang semula halus dan lembut menjadi kasar dan berbintik merah. Sedangkan jika terinfeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit anak bisa mengalami biduran. Begitu pula jika alergi terhadap obat-obatan, gigitan serangga, sabun, dan temperatur udara yang ekstrim dingin atau panas. Bahkan, faktor bawaan atau emosi, terlalu gembira misalnya, bisa pula menyebabkan biduran.


Cara termudah untuk mencegah dan mengatasi ketiga jenis gangguan tadi adalah menghindarkan faktor penyebabnya. Menaburkan bedak pada kulit bayi menjadi bagian lain dari perawatan kulit bayi. Ini cukup penting karena tidak mungkin kita terlalu sering memandikan bayi.


Namun, bedak bukan satu-satunya perlengkapan dalam perawatan bayi. Produk-produk untuk perawatan bayi, biasanya terdiri atas sabun, shampoo, baby oil, cleansing lotion, dan bedak atau talk. Semuanya lembut dan diproduksi memang khusus bagi mereka, meskipun banyak pula orang dewasa yang menggunakannya. Produk-produk itu secara klinis mesti hipoalergik (kemungkinan menimbulkan alergi sangat rendah), lulus uji sensitif, lembut, dan aman.


Beberapa produk perawatan bayi juga mengandung bahan-bahan tertentu yang unsur yang gizinya bermanfaat bagi kesehatan kulit bayi, di antaranya squalane (squalane yang telah mengalami proses hidrogenasi) dan Aloe vera. Menurut Ratri Adiati, childcare  product manager Multicare, squalane mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultra violet (UV), debu, panas, udara lembab, dan bakteri patogen. Minyak hati ikan hiu botol ini bila terserap ke dalam kulit juga bisa melancarkan peredaran darah. Sedangkan Aloe vera bisa membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, melembabkan, melenturkan kulit, dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV.


Source: Majalah Intisari, no.407 - Juni 1997

1 comments:

NUYA TOURS mengatakan...

Tips kesehatan yang berguna untuk merawat kulit anak (bayi). Salam perkenalan dari kami.

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...