Kamis, 17 November 2011

Bahaya Air Laut yang Bersih

BIASANYA, yang menjadi masalah rumit untuk dipecahkan adalah air kotor. Tetapi, air bersih ternyata bisa juga memusingkan. Hal tersebut terjadi di New York.


Sejak kota itu berhasil mengatasi polusi yang mengotori air laut dipelabuhan, kehidupan laut kembali normal. Binatang laut yang tadinya tidak dapat hidup disana, sekarang berkembang biak.


Namun air laut yang bersih itu juga memungkinkan berkembangnya sejenis cacing atau ulat laut yang menimbulkan kerugian jutaan dolar bagi Kota New York. Soalnya, cacing atau ulat laut ini telah menggerogoti dan menghancurkan tiang-tiang penyangga dermaga yang berada di sekeliling kota. Tiang-tiang yang terbuat dari kayu itu rupanya merupakan sasaran ulat atau cacing laut, sehingga mengancam keselamatan orang yang berada diatas kapal yang ditambatkan di sana.


Dua jenis ulat laut yang ada disana adalah gribbles dan ulat kapal. Gribbles berukuran kira-kira 0,5 cm. Ia memakan kayu dari luar, sehingga pada suatu saat dermaga bisa patah di bagian tengahnya. Sedangkan ulat kapal yang panjangnya 6 cm dan berdiameter 2 cm, bisa membuat lubang pada kayu dan merusak dari dalam. Dalam tempo setahun, ulat ini bisa membuat tiang kayu bergaris tengah 30 cm menjadi rapuh.


Kalau dipikir-pikir memang sangat membingungkan. Disatu pihak, kita membenci air kotor, tetapi di pihak lain air bersih justru dapat merugikan.


Source: Majalah Intisari, no.393 - April 1996

2 comments:

Stupid monkey mengatakan...

hehehe ... jadi bingung juga ya ...

Lentarak mengatakan...

Yang pasti, kalau air laut bersih dan bening, sewaktu mancing jarang dapat ikan.

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...