Selasa, 01 November 2011

10 Kiat Tidur Nyenyak

SETIAP orang pasti mendambakan tidur yang nyenyak sehabis bekerja seharian. Akan tetapi, tidak semua orang dapat memenuhi keinginan tadi karena faktor, termasuk suara bising di jalan raya dan lingkungan yang tidak sepenuhnya mendukung di samping kelainan umum yang membuat orang susah tidur.


MENURUT sejumlah penelitian, kerugian berhubungan dengan tidur di Amerika Serikat mencapai US$ 5 miliar selama beberapa tahun. 


Dari bukti itu, Dr. Joyce Brotheer berpendapat betapa pentingnya tidur, karena selain menunjang produktivitas, juga menggairahkan penampilan saat hendak bekerja.


Dalam sebuah seminar Better Sleep 94 yang dilangsungkan di Kuala Lumpur belum lama ini, wanita psikolog terkemuka dari Amerika itu mengemukakan orang dewasa membutuhkan rata-rata 7,5 jam waktu untuk tidur. Tetapi, jumlah ini masih relatif. Artinya, ada juga wanita yang senantiasa ceria walau menggunakan 10 jam waktunya untuk tidur sehari.


"Hari yang baik dimulai dengan tidur nyenyak pada malam hari," kata Dr. Joyce, yang juga melancarkan kampanye Better Sleep di Indonesia.


Di Amerika Serikat, sebagian besar warga negaranya kerap mengabaikan waktu tidur mereka, dengan menghabiskannya berkendaraan di jalan-jalan, sehingga sering terjadi kecelakaan.


Jika semua orang melupakan masa bertenang diri di pembaringan, niscaya mereka akan mudah diserang penyakit.


10 kiat


DR. JOYCE dalam bukunya Better Sleep 94 memberikan 10 kiat untuk memperoleh tidur yang baik dan nyenyak, antara lain:


1. Bila sudah terlatih dengan ritme tidur, usahakan tetap dijaga. Saat bangun yang rutin di pagi hari, dinilai sangat penting untuk menyelaraskan putaran jam pada tubuh Anda atau internal biological clock.


2. Melakukan latihan rutin dinilai perlu, seperti kegiatan berjalan kaki, berenang atau jogging. Kegiatan aerobik misalnya dapat membakar kalori dan mengurangi ketegangan atau stress. Tetapi jangan mengeluarkan keringat pada malam hari melalui kegiatan serupa, saat tubuh Anda sesungguhnya perlu istirahat, karena aktivitas itu justru membuat Anda sering terlena larut malam.


3. Kurangi minuman beralkohol atau sejenisnya, yang membuat tubuh ketagihan, seperti kopi dan rokok. Ingat, kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama enam sampai delapan jam. Jadi hendaknya dapat dikurangi kebiasaan merokok atau minum kopi, terutama menjelang malam.


4. Selain merusak kesehatan, nikotin pada rokok di lain hal malah menimbulkan masalah besar berkenaan dengan tidur. Menurut penelitian, candu nikotin ternyata lebih besar dibandingkan kafein. Asap rokok yang masuk ke paru-paru, bisa menyumbat saluran nafas, praktis membuat anda sulit tidur.


5. Minumlah secukupnya.
Anjuran ini kelihatan agak unik. Tetapi berdasarkan penelitian di Amerika minum 5 sampai 10 gelas (yang dikategorikan cukup) memudahkan orang, jadi lekas memejamkan matanya.


6. Pilih tempat tidur yang baik merupakan salah satu prasyarat penting. Ranjang yang kelewat kecil, terlalu lembut atau keras, sering membuat Anda tidak nyaman.


7. Tidurlah sebanyak mungkin, namun jangan berlebihan. Artinya, semakin banyak orang menghabiskan waktunya beristirahat tidur, semakin nyenyak pula tidur mereka pada malam hari. Namun, perlu diingat, berada di pembaringan bukan asal tidur semata. Dengan kalimat lain, tidur bukan semacam tempat pelarian.


8. Ikutilah ritme tidur. Bila menginginkan suasana sahdu di malam hari, Anda boleh menghidupkan musik ringan pengantar tidur.


9. Pilih lingkungan yang baik di tempat tidur. Usahakan lingkungan tidur dalam suasana tenteram lagi aman. Pada malam hari gunakan lampu remang-remang, yang lazim digunakan saat hendak tidur.


10. Pilih makanan ringan yang baik. Andai mulut masih ingin mengunyah sebelum terlena di buai mimpi, pilih makanan yang mengandung karbohidrat, untuk mempercepat rasa capek, ketimbang menyantap makanan mengandung protein.


Source: Majalah Warnasari, no.192, Januari 1995

1 comments:

asaz mengatakan...

ditambah makanan yang cukup, kalau perut lapar kagak akan bisa tidur

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...