Rabu, 02 November 2011

Kecubung Berkhasiat Obat

JANGAN heran kalau orang menyebutnya "kecubung kasihan". Karena sebagai salah satu dari banyak tanaman langka, kecubung kurang mendapat perhatian. Padahal sebenarnya berkhasiat obat.

PENYEBAB kecubung dikucilkan, boleh jadi karena tanaman jenis ini mengandung zat pembius (sedativa). Tentunya bila hati-hati akan membahayakan orang yang menggunakannya.

Namun sebenarnya, dalam dunia pengobatan, kecubung banyak digunakan untuk usaha mengurangi rasa sakit pasien akibat luka yang cukup serius. Juga digunakan sebagai obat penenang bagi pasien yang mengalami trauma psikis.

Dalam dunia pengobatan modern, tanaman kecubung dimanfaatkan industri-industri farmasi dalam bentuk serbuk maupun ekstrak. Sehingga praktis untuk diperdagangkan dan lebih tahan lama dalam penyimpanannya.

Sebagai Obat

TANAMAN yang termasuk dalam suku Solanaceae ini, mengandung senyawa alkaloid yang juga dikenal dengan nama hyosiamen (atrpin) maupun skopolamin. Zat-zat ini mempunyai sifat racun bagi tubuh, sehingga penggunaannya lebih di utamakan sebagai obat luar saja.

Beberapa zat lain yang terdapat pada semua bagian tanaman ini, di antaranya hiosin, zat lemak dan cooksalat. Zat-zat dalam kecubung ini dapat sebagai para simpatolitik, yakni suatu zat yang bisa mempengaruhi keadaan saraf parasimpatik.

Di daerah pedesaan yang sarana pelayanan kesehatannya masih serba kekurangan, tanaman kecubung banyak dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. umumnya bagian yang digunakan daunnya.

Tanaman ini banyak membantu penyembuhan beberapa penyakit. Diantaranya:

1. Bengkak-bengkak. Daun kecubung yang sudah diolesi minyak, diremas-remas dan diletakkan pada bagian yang bengkak.

2. Kedinginan. Caranya dengan memborehkan minyak kecubung dan sedikit minyak kayu putih.

3. Memudahkan sulit buang air. Dua lembar daun kecubung diolesi minyak kelapa, dilayukan di atas api selanjutnya diikatkan pada bagian perut.

4. Obat nyeri telinga. Telinga yang terasa sakit, ditetesi minyak kecubung. Obat ini meredakan dan melarutkan bahan kotoran-kotoran dalam telinga, sehingga mudah untuk dibuang.

5. Mengurangi sakit pada persendian. Caranya dengan menempelkan daun kecubung yang diolesi minyak kelapa, setelah dilayukan di atas api.

Khasiat lainnya, dapat digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit asma. Daun kecubung yang akan dipergunakan, dirajang (diiris-iris) halus. Selanjutnya dijemur hingga kering. Dengan jalan mengisapnya sebagai tembakau, sebagaimana halnya seperti orang merokok, sesak nafas yang diderita penderita asma akan berkurang.

Lewat Biji

SEBAGAI tanaman perdu, dengan tinggi dapat mencapai satu setengah meter, cara perbanyakan kecubung cukup mudah, hanya dengan menyebarkan bijinya. Tanaman kecubung akan tumbuh cepat, tanpa banyak perawatan.

Meskipun demikian, bukan berarti tanaman kecubung atau "kecubung kasihan" ini tidak memerlukan perawatan sama sekali.

Source: Majalah Warnasari, no.192 - Januari 1995

1 comments:

Ejawantah's Blog mengatakan...

Terimakasih atas infonya Sob.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...