Rabu, 26 Oktober 2011

Kiat Bugar Sehabis Tidur

SETELAH bangun tidur badan Anda terasa pegal, linu, atau pusing? Jika mengharapkan bangun tidur dalam keadaan segar, cobalah lakukan "pemanasan", atau tepatnya mengatur posisi lebih dulu sebelum tidur.


Ada dua cara yang bisa dipilih:


Tidur dengan posisi miring ke kanan


Ganjal kepala dengan bantal yang tidak terlalu tebal dengan posisi kepala bagian bawah tidak lebih rendah daripada bagian atas. Telinga kanan jangan sampai terlipat. Usahakan tangan kanan tidak tertindih badan. Letakkan tangan kiri pada pinggul, dan tekuk kaki ke arah perut sehingga membuat sudut antara betis dan paha. Pergelangan kaki kanan diletakkan diatas pergelangan kaki kiri. Ingat, posisi paha kiri masih di atas paha kanan. Dengan tidur miring ke kanan ini, pencernaan dan peredaran darah akan lancar, karena organ tubuh berada pada tempatnya. Hasilnya, tubuh dapat beristirahat dengan baik.


Tidur dengan posisi telentang


Ganjal batas kepala dan leher dengan bantal yang tidak terlalu tinggi. Kepala hendaknya menoleh ke kanan. Pertemukan jari-jari sedemikian rupa sehingga sela-sela jari tangan yang satu terisi oleh yang lain, kemudian letakkan antara dada dan pusar. Tapi, jangan sampai napas jadi sesak karenanya. Setelah itu, letakkan pergelangan bawah kaki kanan di atas pergelangan atas kaki kiri dengan posisi tumit kanan menggantung.


Apabila terasa jenuh setelah beberapa saat, ambillah posisi yang Anda inginkan. Namun, hindari posisi tidur telungkup. Posisi ini membuat dada sesak dan organ didalamnya tertekan, sehingga sirkuasi udara dalam tubuh terganggu. Atau tidur miring ke kiri. Hal ini membuat pencernaan terganggu, karena posisi lambung menggantung dan hati tertekan. Selamat mencoba.


Source: Majalah Intisari, no.380 - Maret 1995

1 comments:

Lentarak mengatakan...

Dulu kalau tidak telungkup, sulit tidur, tapi ini kebiasaan jelek, merubah dg jalan, ketika akan tidur berusaha telentang, meski awalnya sulit akhirnya biasa. Sampai skrng untuk mulai tidur sulit, tapi kalo sudah tidur, sulit bangun. ha..ha..

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...