Jumat, 14 Oktober 2011

Cara Mengendurkan Saraf Otak

OTAK manusia sebagai pusat pengendali segala macam aktivitas sehari-hari butuh waktu "tidur", istirahat, atau santai, agar bisa bekerja lebih baik lagi keesokan harinya.


Dibawah ini terdapat beberapa kiat mengendurkan saraf otak:


1. Tarik nafas dalam-dalam, segera simpan didalam perut. Otot bagian leher dan kepala ditegangkan, kemudian secara cepat dilemaskan kembali. Pada saat melemaskan otot, pikiran harus tenang. Usahakan pikiran dikosongkan ketika melakukannya. Cara ini dapat dikerjakan dengan posisi duduk atau berdiri.


2. Prinsipnya sama seperti di atas. Meditasi dilakukan untuk melepaskan pikiran yang kalut atau kusut. Caranya: bisa duduk dikursi, berbaring di lantai, atau sambil berdiri saja. Tarik napas melalui hidung. Bersamaan dengan dikeluarkannya napas, kendurkan otot-otot, kosongkan pikiran yang kalut, buang jauh-jauh semua problem hidup.


Bayangkan seolah-olah Anda mengambil tenaga baru waktu menghirup napas, dan ketika membuang segala problem yang berat. Lakukan hal itu berulangkali selama 20 menit atau sampai terasa pengaruh kesantaiannya.


3. Latihan atau olahraga dapat menghilangkan stress atau ketegangan pikiran. Umumnya, para olahragawan atau atlet jarang yang terkena stress berat. Jalan kaki, meski sebentar, bila dilakukan di pagi hari secara rutin, dapat menurunkan kadar gula. Hal itu berarti peredaran darah di seluruh jaringan otot, termasuk otak, berjalan baik. Jangan biasakan tubuh dimanja fasilitas modern yang membuat kita malas bergerak atau olahraga.


Source: Majalah Intisari, no.390 - Januari 1996

3 comments:

konde mengatakan...

wah terima kasih turoialnya ya

Kamu Blogger...? Yuk Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011

JIMMY mengatakan...

kayaknya perlu dicoba nih klo lagi banyak tugas kuliah hehhe..
makasih infonya yaa :)

SALAM,

mamapir2 yaa :D

ediw mengatakan...

cocok nih bagi yg sering di depan komputer

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...