Senin, 05 Maret 2012

Menjadi Wirausahawan Yang Berhasil

BANYAK sekali orang yang berhasil dalam berwirausaha. Sebaliknya, tak sedikit yang gagal. keberhasilan suatu wirausaha ditentukan banyak aspek. Termasuk di dalamnya sikap-sikap yang mendukung kegiatan usahanya. 


Sikap pendukung tersebut di antaranya:


1. Tidak memandang ke masa lalu. Keberhasilan atau kegagalan di masa lalu hendaknya dijadikan pengetahuan dan pengalaman yang mendorong semangat. Dengan bekal itu, Anda bisa berusaha meraih sukses berwirausaha.


2. Tidak terpaku pada satu aspek. Anda memang bebas menentukan jenis usaha. Namun, begitu pilihan di jatuhkan, jangan terpaku pada satu aspek saja. Misalnya, setelah menetapkan berwirausaha di bidang bercocok tanam, jangan lupa memikirkan aspek pemasarannya.


3. Bersedia bekerja sama. Ingat, dalam berwirausaha Anda tidak bisa bekerja sendiri. Karena itu, Anda perlu bekerjasama dengan orang lain dengan prinsip saling menguntungkan. Dengan melibatkan orang lain, Anda akan lebih serius menjalankan usaha.


4. Menghargai uang. Anda berwirausaha untuk mendapatkan uang. Setelah berhasil, Anda juga harus memanfaatkannya secara bijak. Misalnya, dengan menyisihkan sebagian hasil usaha untuk tabungan dan pengembangan usaha.


5. Terbuka terhadap informasi.


Informasi berguna tidak hanya untuk pengembangan diri tapi juga untuk usaha. Berkat informasi, wawasan berusaha Anda semakin bertambah dan ini akan mendukung pengembangan usaha Anda. Sumber informasi bisa beragam jenisnya, misalnya media massa, pendidikan dan pelatihan, seminar, dan kursus.


Yang tak boleh dilupakan. Anda perlu pula mengembangkan sikap ulet.


Selamat berwirausaha dan semoga berhasil!


Source: Majalah Intisari, no.465 - April 2002

2 comments:

Harmony Magazine mengatakan...

Mantap tipsnya nih, cocok buat orang yang baru merintis bisnis.

eria mengatakan...

tidak menyerah di setiap rintangan yg mnghadang. .
artkelny bermanfaat...
makasih infonya..

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...