Senin, 05 Desember 2011

Rematik, Bukan Karena Mandi Malam (BAGIAN 2)

KALAU tertimbun di daerah persendian maka timbullah benjolan di sekitar sendi yang terasa nyeri (tophy gouf). Selain pada sendi, pengkristalan juga bisa pada jaringan dalam ginjal yang mengakibatkan kencing batu. Tekanan darah tinggi juga sering menyertai keadaan asam urat tinggi ini. Diduga faktor lingkungan dan genetik ikut berperan pada penyakit ini. Pencetus utama serangan akut artritis gout ini adalah perubahan kadar asam urat darah yang tiba-tiba misalnya sehabis penderita menyantap makanan berkadar asam urat tinggi.


Rematik artikuler yang terberat dan paling sulit di obati adalah rematoid artritis (RA). Penyebab utamanya diduga faktor auto imun atau reaksi kekebalan karena proses dalam tubuh sendiri. RA acap menyerang sendi-sendi jari kaki dan tangan, pergelangan kaki dan tangan, lutut, pinggul dan bahu.


Yang menonjol pada RA ialah terjadinya peradangan pada jaringan di sekitar sendi atau dinamakan synovium. Karena prosesnya dimulai dari synovium, gejala yang khas adalah bengkak serta nyeri. Seringkali pasien sangat menderita karena rasa nyeri berkepanjangan. Pada stadium lanjut penderita sulit berjalan kalau terserang pada sendi lutut atau pinggul. Sendi-sendi pun seringkali berubah bentuk menjadi bengkok. Untung RA tidak banyak menyerang penduduk Indonesia (0,02% dari jumlah penderita rematik di RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta).


Penyakit rematik ada pula yang disebabkan oleh infeksi virus (viral artritis). Gejalanya demam beberapa hari kemudian terasa nyeri pada persendian tulang, otot disertai bercak-bercak merah pada kulit, mirip demam berdarah.


Olahraga dan sikap mental


Olahraga secara rutin bisa mencegah timbulnya penyakit rematik. Berenang dan naik sepeda menurut dr. Cecilia, merupakan olahraga yang terbaik karena semua sendi digerakkan secara teratur. Begitu juga berenang.


Senam aerobik asal teratur dan tidak terlalu membebani anggota badan yang mulai terasa ada gejala, boleh saja dilakukan. Tenis, badminton, atau atletik seperti angkat besi, lempar peluru, hendaknya tidak terlalu dipaksakan sebab bisa menyebabkan rematik ekstraartikuler seperti pada tennis elbow tadi. Seseorang yang berbakat asam urat tinggi sebaiknya mengurangi makanan seperti taoge, bayam, jeroan, daging kambing, ikan sarden, dsb. yang mengandung kadar asam urat tinggi.


Jika Anda berusia di atas setengah abad, jangan terlalu membebani anggota badan. Penderita osteoartritis berbadan gemuk, perlu menurunkan berat badan agar beban lutut tidak terlalu berat.


Sikap berdiri dan duduk yang benar sejak muda perlu diperhatikan, terutama sikap badan sewaktu melakukan pekerjaan sehari-hari. Misalnya sewaktu mengangkat benda berat, jangan membebani seluruh punggung. Sikap duduk yang sering melengkungkan tulang belakang secara berlebihan juga perlu dihindari. Begitu pula sikap mental yang salah, misalnya mudah tersinggung, pemarah, emosional, loyo, mudah cemas. Sifat kepribadian seperti itu, menurut Prof. Dr. Sidharta, ikut menegangkan otot yang pada akhirnya bisa memicu munculnya penyakit ini.


Jangan mendiagnosis sendiri


Pengobatan penyakit rematik selalu diteliti penyebabnya terlebih dulu. Biasanya melalui pemeriksaan darah, neurologi, radiologi selain wawancara tentang sejarah penyakitnya. Dokter yang bijaksana tidak akan tergesa-gesa memberikan obat. Kalau masih bisa dibantu dengan fisioterapi atau latihan-latihan lain tentu lebih baik. Sebab sebenarnya tidak ada obat yang bisa menyembuhkan peradangan. Pada penderita yang disebabkan oleh kadar asam urat tinggi pun, diet makanan sangat dianjurkan di samping obat penurun asam urat.


Obat rematik terbaik, menurut kedua dokter ini, bilamana obat itu cocok untuk individu penderita. Sebab reaksi badaniah masing-masing orang berlainan. Pasien yang satu tidak tahan karena pedih lambungnya, sementara yang lain jantungnya berdebar-debar dsb. Obat rematik ada dua jenis, non-kortikosteroid  dan kostikosteroid, selain golongan obat antirematik kerja lambat (slow acting anti rheumatic drug) lainnya yang digunakan pada penderita tertentu semisal RA.


Pemberian obat harus dengan pengawasan yang ketat supaya tidak timbul efek sampingan yang berbahaya. Jenis non-kortikosteroid reaksinya juga lambat tapi lebih aman walaupun toh harus dibatasi sebab ada yang berakibat sesak napas, perdarahan lambung, sakit kepala, mengganggu fungsi ginjal. Sebaiknya, obat tersebut dikombinasi dengan obat pencegah keasaman lambung.


Meski punya reaksi cepat, pemakaian obat Prednison yang termasuk golongan obat kortikosteroid. Juga harus sangat hati-hati. Salah-salah tulang malah keropos, muka seperti bulan (moon face) karena cairan tertahan dalam tubuh dan menaikkan gula darah. Bahkan ada penderita sering "kecanduan" minum obat jenis ini karena reaksinya terkesan cespleng. Ditambah lagi nafsu makan bertambah dan perasaan gembira.Tapi begitu di hentikan nyeri dan kaku kambuh kembali dan nafsu makan berkurang. Obat seperti Prednison sekarang hanya digunakan untuk untuk kasus-kasus tertentu karena banyak efek sampingannya.


Akhirnya. Bila suatu hari, otot atau sendi kita terasa nyeri jangan cepat mendiagnosis sendiri ini pasti rematik. Untuk sementara istirahatlah yang cukup dan kompres panas atau dingin di daerah yang sakit. Jangan melakukan olah raga atau berlatih yang tidak sesuai kondisi kita. Fisioterapi yang dilakukan sesuai petunjuk dokter kalau malah menambah rasa sakit hendaknya segera dilaporkan kembali kepada dokter.


Meski sekarang semakin terkenal, akupuntur pada prinsipnya hanya dapat menghilangkan rasa nyeri. Obat gosok yang memanaskan dan merendam dengan air panas ada faedahnya untuk melemaskan otot dan mengurangi rasa sakit. Kalau mau mencoba obat tradisional sebaiknya konsultasikan dengan dokter, sebab salah-salah malah menimbulkan efek sampingan yang membahayakan.


Operasi hanya dilakukan kalau ada indikasi. Misalnya pada osteoartritis lutut atau pinggul yang tidak mempan lagi dengan terapi obat atau pada RA yang sudah terjadi perubahan bentuk.


DEMAM REMATIK AKUT

DEMAM rematik atau rheumatic fever yang banyak menyerang anak usia 5 - 15 tahun, merupakan salah satu penyakit rematik inflamasi yang disebabkan oleh infeksi kuman streptokokus A beta hemolitikus. Kuman ini acap kali bersarang pada infeksi gigi atau infeksi tenggorokan. Peradangan jantung (carditis) dan poliartritis (radang) pada banyak sendi) akut merupakan manifestasi yang paling sering ditemukan. Sebab itu penderita harus segera ditangani sebelum jantung terkena infeksi yang bisa berakibat fatal.

Gejala penyakit tergantung dari usia penderita. Pada anak dan remaja, gejala utama adalah rasa demam di sertai radang pada sendi dilanjutkan infeksi pada jantung. Pada usia dewasa, demam disertai radang pada banyak sendi.

Nyeri sendi pada demam rematik biasanya timbul mendadak dan mencapai puncaknya dalam waktu 12 - 24 jam. Serangan nyeri terutama pada sendi lutut dan pergelangan kaki. Nyeri akan hilang dalam 2 - 6 minggu dengan atau tanpa pengobatan. Kemerahan pada kulit berupa bercak merah muda lebih sering ditemukan pada penderita dewasa. Sedangkan pada anak lebih sering ditemukan benjolan di bawah kulit.

Pengobatan utama adalah memberikan obat anti-inflamasi dan eradikasi streptokokus, misalnya pemeriksaan gigi anak secara rutin dan penanganan radang tenggorok sedini mungkin selain menjaga kebersihan lingkungan.

Perbaikan lingkungan hidup, pengenalan penyakit sejak dini, dan usaha pencegahan yang baik, telah menurunkan angka penderita demam rematik di negara maju. Sedangkan di negara berkembang seperti Afrika, India dan Asia Tenggara, penyakit ini masih banyak ditemukan karena padatnya penduduk dan sosio ekonomi yang kurang memadai.

Source: Majalah Intisari, Maret 1995

1 comments:

Blogermie mengatakan...

Saya setuju dengan pendapat anda. Sebagian besar orang selalu mempercayai mitos. Tapi terkadang petuah dari leluhur juga seperti wejangan penting yang sangat berguna tanpa kita sadari. Saya dulu pernah sekali terkena penyakit ini(encok). syukur alhamdulillah setelah mematuhi petuah nenek dan banyak konsumsi air putih, encok saya berangsur-angsur pudar

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

DAFTAR ISI

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...