Sabtu, 17 Desember 2011

Bahayanya Kurang Tidur

KURANG tidur bisa berbahaya. Hasil riset terhadap 23 dokter muda di sebuah rumah sakit besar di AS menunjukkan bahwa seperempat jumlah dokter yang di wawancarai pernah tertidur ketika sedang menelepon. Empat belas persen pernah mengalami hal yang sama waktu sedang mengendarai mobil dan seorang lagi tertidur ketika sedang menelepon. Empat belas persen pernah mengalami hal yang sama waktu sedang mengendarai mobil dan seorang lagi tertidur ketika sedang mendengarkan denyut jantung pasien. Mereka adalah semua dokter yang telah berdinas 24 - 35 jam berturut-turut.

Kesulitan tidur itu sebenarnya disebabkan oleh gangguan jam biologis. Selain itu juga tidak adanya kesempatan menebus tidur yang tidak bisa dilakukan itu. Supir truk termasuk kelompok yang menanggung risiko ini. Kecelakaan truk antara pukul 05.00 - 06.00 kemungkinannya enam belas kali lebih besar dibandingkan pada pukul 12.00.

Ini belum termasuk mereka yang berdinas tidak tetap, yaitu kadang-kadang pada siang hari, kadang-kadang pada malam hari. Di sebuah pembangkit tenaga listrik bertenaga nuklir, separuh pekerjanya yang berdinas tidak tetap mengaku paling sedikit sekali seminggu mereka tertidur waktu sedang bekerja.

Menurut Charles Czeisler dari Laboratorium Neuro-endo-krinologi di Boston, kini sudah tiba waktunya orang lebih memperhatikan jam biologis. Terutama di perusahaan, dimana kekurangan tidur bisa menyebabkan kecelakaan besar. "Tidak realistis mengharapkan bahwa orang akan bisa melawan kantuk, kalau ia terlalu lelah," katanya.


Source: Majalah Intisari, no.323 - Juni 1990

2 comments:

JIMMY mengatakan...

saya sering banget kurang tidur apa lagi klo weekdays dimana saya kuliah..
kira2 untuk mengurangi efeknya gmn yaa?

salam blogwalking

terapi qolbu mengatakan...

kurang tidur bisa membahayakan diri dan orng lain saat nyetir di jalan raya...tidur secukupnya itu penting

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

DAFTAR ISI

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...