Selasa, 02 Agustus 2011

Pelindung Anne Frank Membuka Tabir (BAGIAN 2)

Sorenya, Miep muncul lagi untuk menghibur dan membawakan pesanan belanja mereka. karena Miep tidak mempunyai kartu jatah makanan yang cukup, maka ia harus hati-hati berbelanja di toko-toko makanan yang bisa menjual makanan tanpa kartu jatah. Seorang tukang sayur yang ramah selalu memberikan apa-apa yang dimintanya. Tukang dagingnya adalah kenalan Miep. Tukang susu langganan pun tak pernah bertanya apa-apa pada Miep.


Pada suatu hari tukang sayur tak kelihatan lagi. Suami Miep membisikkan istrinya bahwa si tukang sayur itu ditangkap karena ia menyembunyikan orang Yahudi. Miep jadi lemas. Siapa tahu rahasianya bocor jika si tukang sayur buka bicara akibat disiksa. Dengan berpura-pura tenang, Miep cepat-cepat meninggalkan toko sayur itu dan mencari tempat lain.


4 Agustus 1944 yang menentukan

Anne Frank
Bagaimana ia bisa hidup dengan perasaan takut macam itu? Untuk mempertahankan hidup, ia membiasakan diri menceritakan berita-berita yang baik-baik saja, lebih-lebih kepada teman-teman yang disembunyikannya. Perasaan takutnya juga tak pernah dibicarakannya kepada suaminya. "Kalau berbicara soal takut, orang jadi tak bisa bekerja," kata Miep. Apakah Miep pernah mimpi buruk? "Saya tidak punya waktu untuk itu," katanya lagi.


Satu-satunya "obat" patah semangat adalah berita dari BBC tentang majunya pasukan sekutu. Di peta, Otto Frank sampai-sampai menandai gerakan Sekutu dengan jarum pentul. Jarum itu makin lama makin dekat ke Belanda.


Tanggal 4 agustus 1944, Nazi datang ke Jl. Prinsengracht. Seperti biasa, pada pagi harinya, Miep mengambil kertas pesanan belanja. Di kantor ia tengah duduk di depan meja tulisnya ketika pada pukul 11.00 tiba-tiba muncul seorang berseragam dengan revolver di tangan. "Diam di tempat dan tetap tenang! perintahnya. Ia lalu pergi ke ruang belakang. Koophuis berbisik pada Miep, "Kini segalanya sudah gawat, Miep."


Memang peristiwa yang buruk pun terjadilah. Di belakang terdengar suara langkah teman-teman Yahudi Miep yang ditangkap. Miep tidak. Suatu peristiwa kebetulan berhasil menyelamatkan dirinya dari penangkapan. Di antara para tentara Nazi ada yang tidak sepenuhnya Nazi. Orang itu berbicara dengan aksen Austria. Ketika orang itu mengancam Miep dipinggir meja tulis, Miep berdiri dan berbicara setenang mungkin. "Anda orang Wina. Saya juga dari Wina." Tadinya kalimat itu seperti tidak ada pengaruhnya. Namun, dengan cermat si orang Austria itu memeriksa kartu identitas Miep dan memerintahkannya untuk tinggal.


"Terima kasih ya Tuhan atas rahmatMu," kata Miep.


Lututnya gemetar

Orang itu seperti tahu perasaan Miep yang hendak tetap tinggal di kantor dan menyelamatkan apa-apa yang masih bisa diselamatkan. Pria itu harus menolongnya. Begitu mereka pergi, Miep termenung dikantornya. Bisakah orang Jerman melepaskan teman-temannya jika dibayar uang tebusan yang tinggi? Miep ingin menawarkan hal itu kepada petugas berseragam yang dari Austria tersebut. Dengan hati berdebar-debar, ia pergi ke kantor pusat Nazi. Padahal ia tahu bahwa beberapa orang yang masuk gedung itu seringkali tidak muncul lagi.


Waktu pertama kali berkunjung, si orang Austria itu tidak sendirian di ruang kerjanya. Itulah sebabnya ia mencoba bertemu keesokan harinya. Ia berkata bahwa ia tak bisa berbuat apa-apa. Permintaan Miep harus dibicarakan dulu dengan atasannya. Dengan lutut gemetar, pergilah Miep ke ruang yang ditunjuk dan mengetuk pintunya. Tak ada yang membukakan pintu. Ketika ia akhirnya bisa masuk, ia melihat para pimpinan Nazi sedang mengelilingi radio untuk mendengarkan siaran BBC. Waktu itu perbuatan Miep bisa dijatuhi hukuman mati.


Saat itu Miep berusaha untuk kuat menghadapi situasi. "Siapa pimpinan disini?" tanyanya. Seseorang berdiri, menghampirinya, memegang pundaknya. "Babi!" gerutunya sambil mendorong Miep dengan kasar keluar ruangan dan menutup pintu. Misi Miep gagal. Meskipun demikian harapannya untuk bertemu kembali dengan teman-temannya tidak pupus.


Koophuis kembali selama perang, sedangkan Kraler kembali setelah Jerman menyerah. Otto Frank kembali ke Amsterdam di bulan Juni 1945 dan hidup bersama-sama Miep sekeluarga. "Kami mempunyai kenangan yang sama. Itu yang penting," kata Miep. Namun demikian kenangan itu hampir tak pernah dibicarakan. "Masing-masing mengenangnya sendiri-sendiri," kata Miep. Membicarakan kenangan itu sama artinya dengan menguakkan luka lama. Baru ketika putra Miep, Paul, yang lahir pada tahun 1950 sudah cukup besar untuk memperhatikan dan bertanya, Miep mulai menjelaskan segalanya.


Cerita Anne Frank tentang kehidupannya selama bersembunyi tidak lekas-lekas dibaca Miep. Lukisan gadis itu di kertas dan buku-buku dalam kamar tidur keluarga Frank disimpannya saja dan belakangan diberikannya kepada Otto Frank.


Otto Frank selalu mendesaknya untuk membaca buku itu dan selama itu ia masih punya alasan untuk menghindari membacanya. Cetakan kedua buku harian Anne sudah hampir terbit ketika akhirnya Miep mau membuka buku harian Anne. "Saya membaca seluruh isinya tanpa beristirahat. Dari kata pertama, saya seolah-olah mendengar suara Anne yang seakan-akan kembali dari kejauhan dan berbicara langsung dengan saya .... Reaksi spontan saya adalah rasa syukur bahwa saya tidak membacanya begitu Anne dibawa Nazi walaupun buku itu terletak disamping saya, dalam laci meja tulis. Seandainya saya membacanya, saya mungkin akan membakarnya. Soalnya tulisan Anne itu amat mengerikan," Kata Miep.

Source : Majalah Intisari, no.289 - Agustus 1987

0 comments:

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...