Kamis, 07 Juli 2011

Serangan Jantung Menyerang Pagi Hari

BILA Anda bangun pagi hari dari tidur yang nyenyak semalam, kemudian siap meninggalkan tempat tidur, berhati-hatilah. Anda memasuki saat-saat yang paling berbahaya hari itu. Selama dua jam berikutnya Anda berhadapan dengan dua sampai tiga kali kemungkinan besar mengalami serangan jantung atau penyumbatan aliran darah dibanding waktu-waktu sebelumnya.

BERDASARKAN penelitian yang dipimpin oleh fisiolog tidur Merril Mitler, ternyata periode antara pukul 06.00 sampai 10.00 pagi memiliki rata-rata waktu puncak yang dapat menimbulkan penyebab kematian karena kanker, penyakit jantung ischemis, bronchitis, emfisim dan asma.

Para dokter mempelajari, keseimbangan tubuh manusia dapat terpengaruh dan terganggu perubahan-perubahan keseimbangannya yang terjadi dan dialami setiap saat selama sehari semalam. Kronobiologi, cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari pengaruh-pengaruh waktu terhadap kehidupan, telah menghasilkan revolusi medis yang membuktikan betapa kondisi tubuh manusia itu berubah, oleh irama hidup kita selama sehari semalam.

"Irama biologis secara alamiah ini hadir dalam diri kita, sama halnya dengan kehadiran denyut jantung," kata kronobiolog Lawrence Scheving.  "Dengan mengungkapkan rahasianya, kita dapat menemukan metode baru untuk menghindari dan menyembuhkan penyakit. Setiap fungsi tubuh kita memiliki iramanya sendiri. Kehilangan irama biologis, sama artinya dengan kematian."

Pada waktu tidur, tekanan darah Anda menurun, temperatur tubuh berkurang lebih dari 1 1/2 derajat dibanding dengan keadaan pada waktu siang, dan agak lebih banyak darah terkumpul pada bagian tangan dan kaki. Pada pagi hari, tubuh Anda harus dibangunkan dari keadaan tidur, dengan suatu tekanan yang dipacu zat-zat kimia yang disebut cathecolamin.

Denyutan jantung meningkat dan semua pembuluh darah mengembang, yang pada gilirannya meningkatkan tekanan darah dengan akibat menurunnya aliran darah menuju jantung. Ini dapat menimbulkan ischemi (kekurangan darah yang bersifat relatif) atau angina pektoris dan bahkan kematian mendadak karena infark jantung.

Apabila pembuluh darah tersumbat pengapuran, dapat menjadi bagian-bagiannya melepaskan diri untuk kemudia membentuk gumpalan-gumpalan yang mengakibatkan serangan jantung.

Disamping itu, darah Anda dipenuhi sel-sel yang pada waktu pagi hari berkecenderungan membentuk gumpalan-gumpalan. Bila Anda beranjak dari tempat tidur dan pemacu cathecholamin menyebabkan aliran darah Anda semakin lancar, darah Anda akan berada pada puncak kecenderungannya menjadi padat dan menggumpal.

Aktivitas-aktivitas untuk mempersiapkan anak-anak berangkat ke sekolah dan Anda sendiri yang harus buru-buru ke tempat pekerjaan, menambah stress secara emosional terhadap beban pikiran Anda.

Setelah Bangun

BAHAYA gangguan sirkulasi darah untuk jantung dan pembuluh-pembuluh darah, tidak tergantung dari jam yang Anda pakai, melainkan dari jam atau waktu dalam tubuh Anda sendiri secara biologis. "Jam berapa pun Anda bangun,"  kata Kardiolog James Muller, "Kemungkinan Anda diserang infark jantung adalah paling besar antara 2 sampai 3 jam setelah bangun dari tidur."

Proses kerja waktu dalam tubuh membantu seperti siang dan malam. Ibarat seorang dirigen dari sebuah orkes, ia mengkoordinir ratusan fungsi dalam tubuh kita.

Tubuh kita berdansa menurut irama yang rumit di dalamnya, berhadapan dengan pasang surutnya hormon, sel-sel imun, elektrolit dan putih telur yang berada didalamnya.

Bahwa ada diantara kita yang biasa disebut sebagai "orang pagi" dan yang lainnya lagi bagai "orang malam", bertumpu pada kenyataan berikut:
  1. Perhitungan irama terhadap orang pagi memperlihatkan denyut jantung mereka mencapai puncaknya antara pukul 1:00 dan pukul 2:00 siang.
  2. Orang malam terjadi antara pukul 5:00 dan pukul 6:30 sore.

Orang pagi memproduksi lebih banyak stimulasi hormon adrenal selama pagi hari,  diikuti prestasi puncak yang mulai menurun menjelang sore hari.

Orang malam memulai harinya lebih lamban, memproduksi adrenal yang sama banyaknya dan prestasinya membaik menjelang sore hari sampai larut malam.

Kebanyakan orang mengalami puncak kemampuan ingatan jangka pendek dan berpikir cepat pada waktu-waktu pagi, sampai hampir tengah hari. Kemudian menyusul penurunan energi sekitar pukul 1.00 siang.

Pada waktu siang hari, fisik kita mencapai puncak kemampuannya dalam hal bereaksi cepat, bekerja cepat dan daya tahannya. Beberapa penelitian telah membuktikan, para olahragawan dapat mencapai puncak prestasinya yang terbaik pada waktu siang dan menjelang malam hari. Dari pukul 6.30 sampai 8.30 malam, waktu terbaik untuk ingatan jangka, sehingga merupakan waktu yang optimal untuk belajar.

Irama tubuh kita dapat juga memberikan gejala-gejala yang kurang menguntungkan pada waktu-waktu senja. Pada saat-saat itu juga, terdapat kemungkinan kedua untuk serangan jantung, meskipun kemungkinan dimaksud lebih kecil dibanding dengan saat-saat pagi hari.

Sekitar pukul 07.00 malam, hati kita menyaring alkohol lebih lama, sehingga peminumnya cepat mabok dibanding waktu-waktu lainnya, kecuali sekitar pukul 11:00 malam, yang merupakan waktu rawan terhadap pengaruh alkohol.

Para mahasiswa (di Eropa) lazimnya suka minum-minum pada waktu larut malam dan menjelang subuh. Dari hasil penelitian terbukti, itu saat-saat dari irama kehidupan dimana kemampuan ingatan jangka panjang, kemampuan berpikir dan menilai berada dalam kondisi terburuk.

Perasaan sakit biasanya semakin dirasakan selama siang hari. Puncaknya tercapai pada waktu larut malam.  Menjelang pagi hari perasaan sakit itu justru berkurang.

Pemulihan

PADA umumnya telah kita ketahui, tidur merupakan saat pemulihan tubuh kita. Selama 1 1/2 jam pertama memasuki alam tidur, hormon dalam tubuh kita mencapai puncak pertumbuhannya, yang berfungsi untuk memulihkan tubuh kita.

Jam-jam antara tengah malam dan pukul 4:00 menjelang pagi, ternyata juga merupakan saat-saat dimana kebanyakan ibu-ibu melahirkan anaknya.  "Kelahiran dan kehamilan menjelang pagi hari barangkali merupakan bagian dari warisan generasi kita dan mengandung arti tentang kehidupan," demikian menurut spekulasi kronobiolog Michhael Smolensky.

Melalui pemahaman yang lebih baik tentang waktu dalam tubuh kita secara biologis, kita dapat memperbaiki kesehatan dan meningkatkan kemungkinan umur kita lebih panjang. Tanpa misalnya mengetahui temperatur tubuh kita yang meningkat 1/2 atau 1 derajat dari pagi sampai malam, maka dengan hanya membaca termometer, kita bisa membuat kesimpulan yang keliru.

Temperatur yang menunjukkan 37,2 dapat memberikan petunjuk terhadap kesehatan tubuh yang prima pada pukul 5:00 sore sedangkan pada pukul 7:00 pagi merupakan pertanda sakit.

Obat-obat yang diminum juga memberikan pengaruh terhadap irama dan kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu kebanyakan dokter senantiasa memperhitungkan waktu secara biologis dari pasien mereka, dalam penerapan kemoterapi terhadap penyakit kanker.

Ada obat-obat tertentu yang misalnya dapat menimbulkan kadar keracunan yang lebih tinggi terhadap ginjal pada jam-jam tertentu dalam sehari, sedangkan pada jam-jam lainnya malahan tidak membahayakan.

"Untuk tiap sekitar 20 jenis obat anti kanker, dianjurkan waktu optimal dalam sehari," kata dr. William Hrushesky.

Beberapa ketentuan obat dokter yang diberikan pada hakikatnya, memperkecil kemungkinan serangan jantung pada pagi hari dan hal itu berlaku juga terhadap aspirin.  Dari suatu penelitian yang cukup luas di konstatir, pemakaian aspirin pada siang hari, kemungkinan terhadap serangan jantung bagi pria berkurang hampir 45% sedangkan kemungkinan terhadap serangan pagi hari lebih 59%. Oleh karena itu mintalah nasehat dokter sebelum menggunakan aspirin.

Terlepas dari penggunaan obat, ada cara-cara untuk melewati jam-jam pagi Anda guna mengurangi ketegangan dan risiko yang dihadapi.  Sebelum beranjak dari tempat tidur, sementara tubuh Anda masih dalam posisi tidur, gerakkanlah tangan dan kaki Anda perlahan-lahan seperti lazimnya dilakukan oleh kucing dan anjing. Dengan demikian, darah anda yang terkumpul pada bagian tangan dan kaki akan mulai mengalir keseluruh bagian tubuh.

Buatlah gerakan itu secara perlahan-lahan. Kemudian setelah beranjak keluar dari tempat tidur, hindarilah temperatur tubuh dari perubahan mendadak karena penggunaan air mandi yang terlampau panas atau terlampau dingin, yang dapat memacu aliran darah Anda secara mendadak.

Kemudian pergilah untuk sarapan pagi. Dr. Renata Cifkova dari Universitas Memorial New foundland di St. John mengatakan, "Meniadakan sarapan pagi ternyata meningkatkan aktivitas sel-sel darah dan dapat menimbulkan kemungkinan terhadap serangan jantung atau penyumbatan aliran darah pada pagi hari.

Jam dalam tubuh Anda secara biologis memiliki siklus selama kurang lebih 25 jam. Selama seminggu tubuh Anda menggunakan jam-jam mekanis yang terdiri dari jam untuk makan, jam untuk kerja dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dalam sehari semalam berlangsung selama 24 jam.

Manfaatkanlah peredaran jam biologis dalam tubuh Anda agar terhindar dari bahaya setiap hari dari bahaya setiap hari sehingga Anda dapat meningkatkan usia Anda lebih panjang.

Source : Majalah Warnasari - No.184, Juli 1994

0 comments:

Posting Komentar

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika Anda Menyukai Artikel di Blog Ini, Silahkan Berlangganan via RSS. Isi Alamat Email Anda di Bawah Ini:

DAFTAR ISI

MAJALAH BOBO 1980-an

Tambahkan Kami di Facebook

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...